Jawaban Pertanyaan Modul 6 Gelombang Praktikum 1 Jenis dan Bentuk Gelombang

Modul 6 Gelombang
Kegiatan Praktikum 1 Jenis dan Bentuk Gelombang

Percobaan Jenis-Jenis Gelombang
Pertanyaan :
1. Apakah perbedaan gelombang antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal?

Jawaban :
1. Gelombang transversal Adalah gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali. Arah getar gelombang adalah vertikal, sedangkan arah rambatnva horizontal sehingga arah getar dan arah rambatnva satins.
Gelombang longitudinal Adalah gelombang yang memiliki arah getar sejajar dengan arah rambatnya contohnya adalah gelombang pada slinki yang digerakkan maju mundur.

Gelombang
Pixabay

Percobaan Gelombang Stationer

Pertanyaan : 
1. Jika sebuah batu dilemparkan ke kolam, Anda akan melihat gelombang berjalan di permukaan air. Apakah yang berjalan di permukaan air seperti yang Anda lihat? Jelaskan!
2. Cahaya juga merupakan gelombang, dari jenis gelombang elektromagnet. Berdasarkan sifat gelombang itu, apa yang dirambatkan oleh cahaya?
4. Mengapa jika tegangan tali diubah, pewaktu ketik harus digeser untuk menimbulkan gelombang?
5. Pada setiap penambahan beban, Anda memperoleh panjang gelombang yang berbeda panjangnya. Berubah jugakah frekuensi gelombang itu? Jelaskan jawaban Anda itu!


Jawaban :
1.Yang berjalan dipermukaan air adalah energi. Pada saat batu dilempar kedalam air maka akan ada tumbukan antara batu dengan permukaan air yang menyebabkan udara di atas permukaan air masuk kedalam rongga hasil tumbukan sehingga mengusik air dipermukaan dan menyebabkan gelombang.
2. Energi
4. Karena tegangan tali yang berubah menyebabkan perubahan kecepatan
5. Tidak, karena perubahan massa akan menyebabkan tegangan tali bertambah yang berarti kecepatan gelombang juga berubah diiring panjang gelombang sehingga frekuensi yang dihasilkan tetap.


Buka Komentar

0 Response to "Jawaban Pertanyaan Modul 6 Gelombang Praktikum 1 Jenis dan Bentuk Gelombang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel