Bagaimana kita merefleksi diri dalam sebuah penelitian tindakan kelas?

Bagaimana Kita Merefleksikan Diri Dalam Sebuah Penelitian Tindakan Kelas?

Penelitian melalui refleksi diri, merupakan ciri PTK yang paling esensial. Berbeda dengan penelitian biasa yang mengumpulkan data dari lapangan atau objek atau tempat lain sebagai responden, maka PTK mempersyaratkan guru mengumpulkan data dari praktiknya sendiri melalui refleksi diri.

Guru Mengajar
Wikipedia
 Sebagai contoh, guru yang menghadapi masalah dengan tingkat penguasaan siswa yang rendah  dalam menerapkan rumus matematika mencoba melakukan refleksi terhadap apa yang sudah dikerjakannya. Untuk melakukan refleksi guru berusaha bertanya kepad diri sendiri, misalnya dengan mengajukan pertanyaan berikut :
1. Apakah penjelasan saya terlampau cepat?
2. Apakah saya sudah memberi contoh yang memadai?
3. Apakah saya sudah memberi kesempatan bertanya kepada siswa?
4. Apakah saya sudah memberi latihan yang memadai?
5. Apakah hasil latihan siswa sudah saya komentari?
6. Apakah bahasa yang saya gunakan dapat dipahami siswa?

Dari pertanyaan tersebut, guru akan dapat memperkirakan penyebab dari masalah yang dihadapi. Berdasarkan penyebab tersebut, guru akan mencoba mencari jalan keluar untuk memperbaiki/meningkatkan hasil belajar siswa.

Selanjutnya Perbedaan Penelitian PTK dan non PTK
Buka Komentar

0 Response to "Bagaimana kita merefleksi diri dalam sebuah penelitian tindakan kelas?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel