Jawaban Pertanyaan Modul 7 Optik Praktikum 3 Mata Percobaan Bintik Mata dan Pupil Mata

Modul 7 Optik
Kegiatan Praktikum 3 Mata

Percobaan Bintik Buta
Jawaban Pertanyaan :
1.Pada percobaan bintik buta 1, mengapa tanda (•) menghilang dari pandangan anda pada jarak tertentu?
Jawab :

Pada percobaan 1 tanda titik mengilang karena focus mata kita ke tanda (+), semakin dekat jarak focus maka tanda (•) akan hilang.

2.Pada percobaan bintik buta 2, mengapa kedua garis (pendek dan panjang) tampak menyatu? Pada jarak berapa dari mata anda? Jelaskan?
Jawab :

Pada percobaaan 2 antara garis panjang dan garis pendek tampak menyatu karena focus benda sangat dekat dengan mata kita, kira-kira pada jarak 5 cm kedua garis tersebut menyatu.

Mata
www.flickr.com


Percobaan  Iris (Pupil) Mata
Jawaban Pertanyaan :

1. Dari hasil pengamatan Anda tersebut, bagaimana bentuk pupil mata kucing ketika di dalam ruangan yang agak gelap? Mengapa demikian? Jelaskan!
Jawab :

Pupil membesar ketika melihat ketempat yang gelap atau redup (Intensitas cahaya rendah), mengecil pada tempat yang terang (Intensitas cahaya tinggi) dan pupil normal kembali ketika berada ditempat yang tidak terlalu terang tidak juga terlalu gelap.
Pupil akan mengalami peristiwa refleks pupil jika diberikan rangsangan cahaya baik intensitasnya tinggi ataupun rendah

2. Bagaimana bentuk pupil mata kucing ketika disorot dengan senter? Jelaskan mengapa hal itu terjadi!
Jawab :

Pada saat mata kucing mendapat cahaya yang lebih terang, sistem bekerja berlawanan untuk melindungi retina dan itu bisa membuat pupil mata kucing mengecil dan berubah menjadi garis tipis. selain itu pada mata kucing ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini terletak dibelakang retina yang berfungsi sebagai penerima cahaya. Pada saat cahaya jatuh dilapisan ini, langsung dipantulkan kembali dan otomatis cahaya melewati retina sebanyak dua kali. Oleh karena itu kucing dapat melihat dengan mudah walaupun gelap atau cahaya hanya sedikit. Sebab itu juga mata kucing menjadi bersinar disaat gelap.
Lapisan yang terdapat pada mata kucing itu disebut kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Alasan lain kenapa mata kucing bisa melihat dalam gelap adalah karena adanya sel-sel batang yang lebih banyak dibandingkan sel-sel kerucut diretina mereka. Keistemawaan mata kucing selain bisa melihat dimalam hari, bola mata kucing juga lebih besar daripada manusia. Jika manusia hanya sampai 160 derajat, mata kucing bisa dengan mudah melihat hingga 187 Derajat. Oleh sebab itu kucing bisa dengan mudah melihat ancaman yang ada.

Buka Komentar

0 Response to "Jawaban Pertanyaan Modul 7 Optik Praktikum 3 Mata Percobaan Bintik Mata dan Pupil Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel