Jawaban Pertanyaan Modul 5 Praktikum 2 Konduksi Konveksi dan Radiasi


Modul 5 Kalor Perubahan Wujud Zat dan Perpindahannya Pada Suatu Zat
Kegiatan Praktikum 2 Perpindahan dan Pertukaran Panas pada Suhu Zat

Percobaan Konduksi
Pertanyaan :
1. Sebutkan di antara empat bahan konduktor tersebut yang paling baik menghantar panas? Beri alasan dengan singkat dan jelas!
2. Mana yang paling baik sebagai konduktor antara tembaga dan kayu? Beri alasan dengan singkat dan jelas!
3. Mengapa logam-logam tersebut di atas dapat menghantar panas? Beri penjelasan yang singkat, padat, dan jelas!

Jawaban :
1. Dari keempat bahan logam (konduktor) yang paling baik menghantarkan panas adalah tembaga, sebab tembaga yang paling cepat melelehkan lilin tersebut, dan sifat tembaga yang mudah terurai bila dipanaskan.
2. Antara tembaga dan kayu yang paling baik sebagai konduktor adalah tembaga, sebab tembaga lebih cepat terurai bila dipanaskan sehingga lebih cepat pula menghantarkanpanas, sedangkan kayu sangat lambat terurainya dan lebih bersifat isolator daripada konduktor.
3. Logam-logam dalam percobaan ini dapat menghantarkan panas karena sifatnya yabg mudah terurai bila terkena panas dan menyerap panas yang mengenainya, sehingga logam lebih mudah menghantarkan kalor/panas.

Radiasi
Pixabay


Percobaan Konveksi
Pertanyaan :
1. Peristiwa apa yang terjadi pada cerobong pabrik dan cerobong pada tungku? Beri penjelasan secara singkat serta gambarkan proses alur aliran asap kertas!
2. Apa fungsi lilin pada kotak konduksi?

Jawaban :
1. Pada cerobong pabrik dan cerobong tungku, terjadi peristiwa konveksi karena proses pembakaran yang terjadi didalam ruangan menyebabkan udara bertekanan tinggi sehingga mendorong asap keluar melalui cerobong. Hal ini prosesnya sama seperti percobaan yang yang telah dilakukan yakni ketika asap dimasukkan melalui cerobong 1, kemudian suhu dalam kotak konveksi menjadi panas karena nyala lilin sehingga udaranya bertekanan tinggi, maka akan mendorong /mengalirkan asap keluar melalui cerobong 2.
2. Fungsi lilin dalam kotak konveksi adalah sebagai sumber kalor/panas yang berguna untuk meningkatkan suhu udara sehingga udara nenjadi bertekanan tinggi yang mampu mendorong keluar udara yang bertekanan rendah.

Percobaan Konveksi dalam Air
Pertanyaan :
1. Tak lama setelah bejana dipanasi, apa yang terjadi dengan serbuk-serbuk tersebut?
2. Mengapa serbuk pada posisi di atas bergerak turun dan sebaliknya? Beri penjelasan dengan menggunakan hubungan volume, massa, massa jenis, dan kaitannya dengan suhu T.

Jawaban :
1. Bergerak naik turun berputar bergantian
2. Pada proses mendidihnya air dalam bejana kalor berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu yang rendah sehingga menyebabkan air bergerak naik turun. Volume air yang lebih banyak dari serbuk-serbuk membuat serbuk-serbuk mengikuti aliran air yang bergerak.

Percobaan Radiasi
Pertanyaan :
1. Kemanakah pergesaran cairan biru saat termoskop berada pada terik matahari? Mengapa demikian! Beri penjelasan secara singkat!
2. Apa yang anda ketahui bola hitam dan putih pada termoskop tersebut?

Jawaban :
1. Pergeseran cairan merah saat termoskop berada pada terik matahari adalah kearah lampu putih. Hal ini terjadi karena pada lampu hitam suhu dan tekanan udaranya lebih tinggi dari pada lampu putih
2. Bola lampu hitam berfungsi sebagai penyerap panas untuk menambah atau meningkatkan tekanan udara, sedangkan bola lampu putih memantulkan panas sehingga udara didalamnya tidak mengalami pemuaian. hal ini dibuat sedemikian rupa agar dapat membuktikan bahwa radiasi menghantarkan panas atau kalor

Buka Komentar

0 Response to "Jawaban Pertanyaan Modul 5 Praktikum 2 Konduksi Konveksi dan Radiasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel