Jawaban Pertanyaan Modul 9 Bumi dan Alam Semesta Praktikum 2 Alam Semesta Panas Matahari dan Gerhana

Modul 9 Bumi dan Alam Semesta
Kegiatan Praktikum 2 Alam Semesta

Praktikum Panas Matahari
Pertanyaan :
1. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan panas dan cahaya matahari sampai di permukaan bumi!
2. Dapatkah matahari disebut sebagai sumber energi panas? Jelaskan!
3. Dari percobaan, apakah pengaruh lempeng plastik transparan terhadap penerimaan panas?

Jawaban :
1.Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan panas matahari sampai ke permukaan bumi yaitu:
- Jika pada suatu tempat banyak tumbuh-tumbuhannya maka panas matahari akan berkurang karena diterima dulu oleh tumbuhan, sehingga tidak langsung menuju bumi.
- Jika udara di suatu tempat dingin, maka panas matahari juga akan terasa tidak terlalu panas.
- Jika di suatu tempat yang gersang, tidak ada tumbuhannya maka penerimaan panas matahari di bumi akan terasa sangat panas.
- Jadi faktor-faktor yang mempengaruhi adalah suhu udara, banyaknya tumbuhan hidup, dan keadaan daerah (pegunungan atau pantai).
2.Matahari adalah sumber energi panas, yang memanfaatkan energi panas matahari di bumi bukan hanya manusia tetapi juga hewan, dan tumbuhan.
3.Pengaruh lempeng plastik transparan terhadap penerimaan panas adalah mengurangi atau menghambat cahaya panas matahari yang jatuh di permukaan air.

Gerhana
wikipedia
Praktikum Gerhana
Pertanyaan :
1. Apa yang disebut dengan gerhana?
2. Bagaimana terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan? Jelaskan!
3. Apakah yang disebut dengan umbra dan penumbra? Jelaskan!

Jawaban :
1. Gerhana adalah peristiwa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda/objek yang melintas di depannya. Kedua objek yang terlibat dalam gerhana ini memiliki ukuran yang hampir sama jika diamati dari Bumi. Contohnya gerhana Matahari dan gerhana Bulan.
2. Gerhana Matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara Bumi & Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Meskipun Bulan berukuran lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
Gerhana bulan terjadi saat sebagian/keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi jika bumi berada di antara matahari & bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan sebab terhalangi oleh bumi.
3. Ada dua jenis bayangan yang dibentuk akibat gerhana yaitu umbra dan penumbra. Umbra adalah bayangan inti yang sangat gelap, sedangkan penumbra adalah bayangan semu yang terbentuk disekitar bayangan inti.
Buka Komentar

0 Response to "Jawaban Pertanyaan Modul 9 Bumi dan Alam Semesta Praktikum 2 Alam Semesta Panas Matahari dan Gerhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel