Fungsi Kurikulum

Fungsi Kurikulum

Pada dasarnya kurikulum berfungsi sebagai pedoman atau acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan disekolah, diantaranya guru, siswa, kepala sekolah, pengawas, orang tua, dan masyarakat.


Ruang Kelas
Ruang Kelas - wikipedia

Fungsi Kurikulum Bagi Guru
Fungsi kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Fungsi Kurikulum Bagi Kepala Sekolah
Fungsi kurikulum bagi kepala sekolah adalah sebagai pedoman dalam melakukan supervisi atau pengawasan

Fungsi Kurikulum Bagi Orang Tua
Fungsi kurikulum bagi orang tua adalah sebagai pedoman dalam membimbing anaknya belajar di rumah.

Fungsi Kurikulum Bagi Masyarakat
Fungsi kurikulum bagi masyarakat adalah sebagai pedoman memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah.

Fungsi Kurikulum Bagi Siswa 
Fungsi kurikulum bagi siswa adala sebagai pedoman belajar.

Secara khusus berkaitan dengan fungsi kurikulum bagi siswa sebagai subjek didik, terdapat enam fungsi kurikulum, sebagai berikut :

1. Fungsi penyesuaian
Fungsi penyesuaian mengandung makna berarti bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki sifat well adjusted, yaitu mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.
2. Fungsi integrasi
Fungsi integrasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh.
3. Fungsi diferensiasi
Fungsi diferensiasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaan individu siswa
4. Fungsi persiapan
Fungsi persiapan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya
5. Fungsi pemilihan
Fungsi pemilihan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya
6. Fungsi diagnostik
Fungsi diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan (potensi) dan kelemahan yang dimilikinya.

Selanjutnya Peranan Kurikulum
Buka Komentar

0 Response to "Fungsi Kurikulum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel