Jawaban Pertanyaan Modul 1 Makhluk Hidup Praktikum 1 Respirasi pada Makhluk Hidup

Modul 1 Makhluk Hidup
Kegiatan Praktikum 1 Ciri-ciri makhluk hidup
Praktikum Respirasi pada Makhluk Hidup

Pertanyaan
1. Apa guna kapur sirih dalam percobaan respirasi memerlukan oksigen?
2. Apa yang terjadi pada pergerakan tetesan pewarna (eosin) pada alat respirometer (A), (B), dan (C)? Mengapa hal itu terjadi? Jelaskan!
3. Pada akhir percobaan respirasi menghasilkan karbondioksida, air kapur pada botol manakah yang paling keruh? Mengapa demikian!

Respirasi
Pixabay



Jawaban
1)    Guna kapur sirih dalam percobaan respirasi memerlukan oksigen, yaitu sebagai peningkat suhu agar respirasi terpicu dengan cepat. Selain itu juga digunakan sebagai pengikat karbondioksida.
2)    Yang terjadi pada pergerakan tetesan pewarna (eosin) pada alat respirometer (A), (B), dan (C) adalah terjadi pergerakan dari posisi semula sampai pada perhitungan setiap 5 menit disetiap botol. Dikarenakan keperluan setiap makhluk hidup yang ada di dalam botol untuk memperoleh oksigen dalam proses respirasi. Terutama di botol B pergerakannya lebih cepat dari pada boto A dan C, dikarenakan kebutuhan akan oksigen lebih banyak dibandingkan tumbuhan. Sedangkan tumbuhan memerlukan karbondioksida untuk melakukan fotosintesis.
3)    Pada akhir percobaan respirasi menghasilkan karbondioksida, air kapur yang paling keruh terjadi pada botol B, karena didalam botol B banyak mengandung karbondioksida disebabkan oleh udara dari hembusan pernafasan kita.
Buka Komentar

0 Response to "Jawaban Pertanyaan Modul 1 Makhluk Hidup Praktikum 1 Respirasi pada Makhluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel