Apa, mengapa, dan untuk apa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diberikan di SD/MI

Apa Mengapa dan Untuk Apa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diberikan di SD

Mendeskripsikan secara lengkap tentang apa, mengapa dan untuk apa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diberikan di SD/MI.

Gedung Pancasila
Gedung Pancasila - wikimedia

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran dalam proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sepanjang hayat, melalui pemberian keteladanan, pembangunan kemauan, dan pengembangan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran sangat penting untuk diberikan di SD/MI sebagai bekal dasar untuk membangun manusia yang berbudi pekerti luhur.

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan  warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2. Partisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi.
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
4. Berinteraksi  dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya Contoh perilaku berpikir kritis rasional dan kreatif

1 Response to "Apa, mengapa, dan untuk apa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diberikan di SD/MI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel